Cara Mengatasi Rambut Berminyak


Cara Mengatasi Rambut Berminyak
Cara Mengatasi Rambut Berminyak. Rambut berminyak dapat menjadi masalah bagi pria dan wanita,itu karena rambut berminyak dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan.rambut juga sulit diatur dan terlihat kusam.

Hampir semua wanita dan juga laki laki juga menginginkan rambut yang sehat, berkilau, tidak berketombe, dan juga tidak berminyak, sehingga bisa menambah rasa percaya diri karena tampilannya yang bagus. Karena rambut merupakan mahkota terutama bagi wanita.

 

Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Menggunakan Air Perasan Jeruk Nipis
Setelah anda keramas, usahakan membuat air perasan jeruk nipis yang dioleskan ke kulit kepala dan ke rambut lalu diamkan sekitar 15 menit sebelum dibilas, air perasan jeruk nipis ini juga bisa dijadikan pengganti kondisioner.

Keramas secara Rutin, 2 Hari Sekali
Keramaslah secara rutin dengan shampo yang cocok bagi anda, dan pilihlah shampo dengan bahan dasar alami. Bila anda lebih sering berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, keramaslah sekali sehari agar kotoran yang menempel di rambut lebih cepat dibersihkan

Menggunakan Lidah Buaya
Ambil bagian dalam atau daging lidah buaya yang dihaluskan, lalu pijatkan ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas, lidah buaya juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, vit B, vit C, dan vit E

Pilih Shampo yang Tepat
Anda tidak boleh sembarangan memakai shampo ketika mencuci rambut. Untuk rambut berminyak, anda harus memilih shampo yang tinggi kandungan natrium lauril sulfat serta tidak dicampur dengan kondisioner (jangan memakai shampo 2 in 1). Selain itu, anda juga dapat memilih menggunakan shampo anti ketombe yang mengandung tar batubara.

Gunakan Teh Rosemary
Rebus 2 sdm bunga rosemary kering dengan 1 gelas air. Setelah mendidih, angkat dan biarkan hingga dingin lalu saring untuk diambil airnya saja. Campurkan teh rosemary dengan sedikit air untuk mengencerkannya, lalu bilaskan ke rambut anda setelah keramas. Biarkan beberapa saat, lalu bilas kembali dengan air dingin.

Gunakan Cuka
Cuka juga bersifat asam dan dapat digunakan untuk menanggulangi rambut berminyak. Caranya, campurkan cuka dengan air, perbandingan 1 : 2. Gunakan campuran ini sebagai bilasan terakhir ke rambut anda setelah keramas. Bagi anda yang kurang suka dengan aromanya, tenang saja, aroma cuka akan dengan cepat menghilang begitu rambut anda kering.

Kurangi Konsumsi Makanan yang Berminyak, Pedas, atau Asam
Ketiga jenis makanan ini diketahui dapat memicu produksi minyak berlebih pada kelenjar minyak dibawah kulit. Karena itu usahakan untuk menguranginya, atau anda juga dapat mengimbangi dengan memperbanyak konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan yang tinggi serat.

Hindari Paparan Sinar Matahari Sebisa Mungkin
Sinar matahari, apalagi yang terik di siang hari, diketahui sebagai salah satu penyebab dari berbagai permasalah rambut. Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menstimulus kelenjar minyak di kulit kepala anda.

Jangan Terlalu Sering Menyisir Rambut
Menyisir rambut berarti akan membantu untuk mempermudah distribusi minyak dari pangkal rambut hingga ke ujungnya. Selain itu, kegiatan menyisir rambut juga akan memicu kelenjar minyak pada kulit kepala untuk berproduksi lebih banyak lagi.

Demikian beberapa Cara Mengatasi Rambut Berminyak yang dapat anda coba,anda juga perlu menghindari penggunaan gel pada rambut serta perawatan intensif untuk mendapat kan rambut sehat.pola perawatan rambut andapun harus lebih diperhatikan. Baca juga: Cara Mengatasi Bau Keputihan pada Wanita

Berlangganan untuk email update gratis: