Penyebab Sering Sakit Kepala


Penyebab Sering Sakit Kepala
Penyebab Sering Sakit Kepala. Sakit kepala sangatlah mengganggu aktivitas anda, sakit kepala merupakan rasa sakit yang terjadi dikepala.Ada beberapa jenis sakit kepala diantaranya sakit kepala cluster, sakit kepala migrain, sakit kepal vertigo dan sebagainya. Sakit kepala secara medis dikenal sebagai cephalalgia adalah suatu kondisi terdapatnya rasa sakit di dalam kepala  kadang juga sakit di belakang leher atau punggung bagian atas kepala ,jenis penyakit ini termasuk dalam keluhan yang sering diutarakan.

Rasa sakit di kepala ini karena adanya traksi/penarikan, perpindahan, peradangan spesma dari pembuluh darah kepala atau leher yang sensitif terhadap rasa nyeri. Sakit kepala sebagian besar bersifat primer yaitu tanpa ada penyakit yang mendasarinya seperti migrain, cluster, dan tension type. Meskipun demikian ada juga sakit kepala yang disebabkan oleh  sebuah proses yang mendasari penyakit atau kondisi dan biasa disebut juga sakit kepala sekunder dimana kondisi ini harus menjadi fokus awal dalam evaluasi diagnostik sakit kepala.

Pasien dengan sakit kepala yang disertai demam,leher kaku, ruam atau tanda –tanda lain dari penyakit sistematik patut dicurigai dikhawatirkan terkena penyakit infeksi seperti meningtis, ensefalitis.


Penyebab Sering Sakit Kepala

Ketegangan
Ketegangan memang dapat memicu sakit kepala yang hebat. Pada awalnya rasa sakit hanya akan terasa di bagian belakang kepala kemudian merambat ke depan hingga kemudian kedua sisi kepala. Untuk menghindari hal ini anda sebaiknya jauhkan dari stres dan pikiran negatif tentang suatu hal.

Kekurangan zat besi
Penyebab utama dari penyakit anemia adalah kurangnya asupan mineral seperti zat besi, hal ini bisa terjadi pada ibu hamil dengan usia kandungan 24 minggu. Gejalanya sakit kepala yang cukup hebat.

Tekanan Darah Rendah
Darah rendah dapat menjadi salah satu penyebab sakit kepala anda karena adanya pelebaran pembuluh darah serta tekanan rahim yang membesar khusunya pada ibu hamil yang dapat mengakibatkan hipotensi.

Kekurangan Kalsium
Kekurangan kalsium pastinya dapat memicu ketegangan otot yang mengakibatkan sakit kepala.

Mengkonsumsi Cafeein Berlebih
Dampak kafeein juga bisa menyebabkan sakit kepala yang sering anda alami.

Kelelahan
Kelelahan fisik ataupun otak juga bisa memicu sakit kepala.

Riwayat Sakit
Riwayat Alergi, sinusitas, serta gangguan rongga mulut maupun gigi juga bisa menyebabkan sakit kepala.

Sakit kepala sering tampak sederhana karena pada umumnya merupakan gejala penyakit ringan. Akan tetapi, bila sakit kepala yang anda derita tak kunjung sembuh segarlah memeriksakan diri anda ke dokter guna mencegah adanya indikasi penyakit yang berbahaya.


Mencegah Datangnya Sakit Kepala

  • Perbanyak konsumsi minum air putih

  • Perbanyak makan buah dan sayur yang terdapat zat besi

  • Hindari mengkonsumsi kopi berlebih

  • Hindari merokok serta minuman berakohol

  • Olahraga secara teratur

  • Istirahat yang cukup

  • Hindari stres

  • Makanlah secara teratur

Jika anda terserang penyakit sakit kepala secara tiba-tiba disarankan untuk anda segera hentikan aktifitas anda kompres kepala anda dengan es batu dan istirahatlah atau juga bisa meminum teh hangat serta juga bisa memakai minyak kayu putih yang bisa anda pakai di leher dan kepala.

Penyakit sakit kepala sangatlah beragam, dimana sebagian besar merupakan sakit kepala sederhana atau primer yang bukan disebabkan oleh penyakit lain .tetapi kita harus mewaspadai sakit kepala yang merupakan gejala dari suatu penyakit tertentu, seperti contoh penyakit gangguan pembuluh darah otak seperti stroke, tumor otak, penyakit infeksi seperti infeksi selaput otak, paru-paru, influenza dan HIV/AIDS, serta gangguan metabolisme dan elektrolit pada kulit, Baca juga: Manfaat Jogging Dan Menjaga Kesehatan Tubuh

Berlangganan untuk email update gratis: