Penyebab Rambut Rontok pada Pria


Penyebab Rambut Rontok Pada Pria
Penyebab Rambut Rontok Pada Pria. Rambut rontok tidak hanya dialami oleh wanita. Pria tentu pernah mengalami rambut rontok bukan? Rambut rontok akan sangat mengganggu karena dapat menyebabkan kebotakan. Nah bagi pria, anda perlu mengenali beberapa penyebab kerontokan pada rambut anda. Setiap orang mengalami siklus rambut yang berbeda-beda. Secara umum pertumbuhan rambut di kepala disebut Anagen, yang dapat berlangsung selama 2-3 tahun. Selama berlangsungnya fase pertumbuhan rambut tersebut dari rambut rontok, rambut tumbuh kurang dari 2 inci setiap bulannya dengan waktu jeda yang disebut Telogen. Dalam fase telogen berlangsung selama 3-4 bulan. Pada fase jeda ini rambut akan mengalami kerontokan dan kemudian digantikan dengan tumbuhnya rambut baru.

Penyebab Rambut Rontok

Trauma Emosional Atau Fisik
Efek kejutan pada telogen effluvium dapat menyebabkan suatu kondisi yang membuat rambut berhenti tumbuh dan mulai rontok. Itu sebabnya anda perlu menghindari dan menjaga diri anda dari trauma emosional maupun fisik.

Pola Makan
Folikel rambut menuntut asupan nutrisi yang stabil untuk mempertahankan pertumbuhan rambut yang cepat. Jika Anda mengalami tingkat kerontokan rambut lebih dari biasanya selama 2 atau 3 bulan berturut-turut, perhatikan pola makan Anda. Kekurangan besi, biotin, atau seng dapat membuat rambut "kelaparan" dan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Untuk mengembalikan kesehatan rambut, makan lebih banyak brokoli, bayam, dan telur.

Masalah Genetika dan Stress
Masalah genetika dan stress juga dapat menjadi penyebab utama kerontokan rambut. Biasanya rambut rontok yang disebabkan oleh masalah genetika dan stress akan menyebabkan kebotakan pada beberapa bagian tertentu saja (tidak menyeluruh). Berkonsultasilah dengan dokter kulit dan minta suntikan kortikosteroid untuk meredakan radang yang menyebabkan rambut Anda terus rontok.

Ras
Beberapa ras memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mendapatkan rambut rontok. Pria Kaukasia lebih rentan dan bahkan dapat mengembangkan bentuk yang sangat parah dari kebotakan pria. Ras berkulit hitam dan orang Asia kurang rentan terhadap kerontokan rambut

Gen
Gen kita tidak hanya menentukan bentuk, warna, ketebalan, kerapatan, dan laju pertumbuhan rambut kita, gen juga bisa menentukan bawaan dari kebotakan pada saat lahir atau kelainan struktur rambut yang diwariskan dari orang tua. Karena ini jenis rambut rontok ditentukan oleh gen, sulit untuk menemukan akar penyebab masalah, dan mungkin permanen.

Usia
Ketika pria mencapai usia pubertas, jumlah folikel rambut mulai menurun dari waktu ke waktu. Pada usia 20 sampai 30, ada sekitar 615 folikel per sentimeter persegi di kulit kepala. Pada usia 30 sampai 50, jumlah folikel jatuh ke 485. Dan di usia 80 tahun, folikel akan turun menjadi 435 per sentimeter persegi. Penipisan rambut dapat dianggap sebagai bagian dari proses penuaan.

Beberapa gejala diatas dapat anda atasi dengan perawatan pada rambut dan pola makan serta gaya hidup sehat. Seringlah olahraga dan sebaiknya luangkan waktu untuk refreshing dan istirahat agar terhindar dari stress.anda juga perlu menghindari mabuk dan rokok karena itu dapat menambah masalah pada rambut anda. Beberapa pengobatan alami dapat anda lakukan untuk menghindari dan merawat rambut rontok, karena perawatan secara alami tidak akan menimbulkan efek negatif,dibandingkan dengan anda menggunakan produk-produk yang terkadang tidak sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala anda. Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat, Baca juga: Apa Manfaat Berenang?

Berlangganan untuk email update gratis: