Penyebab Kanker Usus


Penyebab Kanker Usus
Penyebab Kanker Usus. Kanker usus merupakan penyakit berbahaya yang dapat disebabkan oleh makanan dan diet.diet menjadi faktor utama penyebab terjadinya kanker usus. Dan tak jarang faktor genetik juga menjadi penyebab terjadinya kanker usus.

Penyebab Kanker Usus

Usia
Usia adalah faktor utama yang mendukung terjadinya kanker usus. Apakah itu berarti bahwa usia menyebabkan kanker usus? Tidak secara langsung. Hanya saja menginjak usia usia 50 tahun atau lebih, satu dari empat orang memiliki polip yang memicu peningkatan risiko kanker.

Lingkungan
Penelitian telah menunjukkan bahwa lingkungan dapat memainkan peran besar dalam perkembangan kanker usus. Di mana Anda tinggal, siapa di sekitar Anda, apa pekerjaan Anda, dan bahkan ketika Anda bekerja semua dapat mempengaruhi risiko terkena kanker usus.

Radang usus
Penyakit radang usus, sering ditandai dengan kondisi seperti ulcerative colitis dan penyakit Chron, yang dapat meningkatkan risiko mengembangkan kanker kolorektal. Secara umum, semakin lama seseorang memiliki penyakit radang usus, semakin besar kesempatannya terkena kanker kolorektal.

Kurang Olahraga
Penelitian telah menunjukkan bahwa gaya hidup berkontribusi terhadap perkembangan kanker usus,termasuk kurangnya olahraga.plahraga memang sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh anda.

Genetika
Para peneliti memperkirakan bahwa sekitar 25% dari kasus kanker usus besar memiliki semacam kaitan genetik. Contoh penyebab genetik yang paling umum dari kanker usus besar termasuk mutasi menuju FAP (familial adenomatosa poliposis) dan HNPCC (kanker kolorektal non-poliposis herediter).

Makanan
Makanan tinggi lemak dan kolesterol (terutama dari sumber hewan) dapat menyebabkan kanker usus besar. Makan makanan rendah serat juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker usus.apalagi makanan pedas,itu dapat menjadi pemicu kanker usus.

Diabetes
Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Gastroenterology menemukan bahwa ketergantungan insulin berkontribusi terhadap perkembangan kanker usus. Secara umum, penderita diabetes 40% lebih mungkin mengembangkan kanker usus dibandingkan dengan orang yang tidak menderita diabetes.

Alkohol
Penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol meningkatkan risiko kanker kolorektal. Jadi sebaiknya hindari minuman beralkohol atau makanan yang berisi kandungan alkohol.alkohol juga dapat merusak fungsi-fungsi organ tubuh yang lain.

Mencegah Kanker Usus

  1. Konsumsi makanan dan minuman lebih fresh/segar dan alami 

  2. Konsumsi makanan dengan kandungan kaya serat seperti pepaya, sayur hijau, dan lain-lain 

  3. Kurangi semaksimal mungkin penggunaan pengawet dan penyedap buatan 

  4. Hindari stress, depresi dan emosi yang tidak stabil 

  5. Hindari makanan yang digoreng dengan minyak bekas atau minyak goreng rusak

  6. Konsumsi kopi secara rutin juga terbukti mampu mengurangi resiko pengidap penyakit ini sebagaimana dirilis di halaman wikipedia. Namun, sebaiknya harus didahului dengan mengkonsumsi makanan ringan untuk mencegah maag kambuh (bagi yang juga menderita sakit maag) 
  7. Menenangkan pikiran dan menjalani hidup lebih rileks, dengan kata lain adalah bersyukur dan ikhlas.

Nampaknya gaya hidup sehat memang sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh, istirahat dan refreshing juga menjadi faktor pendukung kesehatan tubuh anda. Sebaiknya luangkan waktu setidak nya 1 hari dalam seminggu untuk merefresh otak dan fikiran anda.karena faktor stress juga mempengaruhi kanker usus. Jika anda sudah terjangkit kanker usus,maka segera periksakan ke dokter dan pengobatan yang lebih akurat serta intensif. Semoga artikel ini bermanfaat bagi ada agar anda lebih memperhatikan dan menganal penyebab serta cara mencegah kanker usus, Baca: Penyebab Badan yang Sering Panas

Berlangganan untuk email update gratis: