Penyebab Badan yang Sering Panas


Penyebab Badan yang Sering Panas
Penyebab Badan yang Sering Panas. Panas sebenarnya adalah respon atau reaksi tubuh melawan infeksi yang masuk kedalam tubuh. Panas bukan suatu penyakit, akan tetapi suatu gejala awal atau indikasi adanya penyakit dalam tubuh. Tubuh biasanya dapat mempertahankan suhunya dalam cuaca panas maupun dingin dengan cara berkeringat, bernafas, gemetar atau menggigil dan menggeser aliran darah diantara kulit dan organ dalam. Tetapi suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kelainan panas.

Suhu tubuh manusia diatur oleh system thermostat di dalam otak yang membantu suhu tubuh yang konstan antara 36.5C dan 37.5C. Suhu tubuh normal manusia  akan bervariasi dalam sehari.  Seperti ketika tidur, maka suhu tubuh kita akan lebih rendah dibanding saat kita sedang bangun atau dalam aktivitas. Dan pengukuran yang diambil dengan berlainan posisi tubuh juga akan memberikan hasil yang berbeda.  Pengambilan suhu di bawah lidah (dalam mulut) normal sekitar 37 C, sedang diantara lengan (ketiak) sekitar 36.5 C sedang di rectum (anus) sekitar 37.5 C. Panas atau Demam terjadi bila pengambilan suhu tubuh melalui mulut (dibawah lidah) diatas 37.5 C". Biasanya demam sendiri diikuti oleh kondisi lainnya, seperti gejala dan tanda lainnya yang sering dapat membantu untuk menemukan penyebab dari terjadinya demam tersebut.  

Panas Memiliki Tingkatan

Heat Cramps
Heat Cramps (Kram Karena Panas) adalah kejang otot hebat akibat keringat berlebihan, yang terjadi selama melakukan aktivitas pada cuaca yang sangat panas. Heat cramps disebabkan oleh hilangnya banyak cairan dan garam (termasuk natrium, kalium dan magnesium) akibat keringat yang berlebihan, yang sering terjadi ketika melakukan aktivitas fisik yang berat.

Heat Exhaustion
Heat Exhaustion (Kelelahan Karena Panas) adalah suatu keadaan yang terjadi akibat terkena atau terpapar panas selama berjam-jam, dimana hilangnya banyak cairan karena berkeringat menyebabkan kelelahan, tekanan darah rendah dan kadang pingsan.

Heatstroke
Heatstroke adalah suatu keadaan yang bisa berakibat fatal, yang terjadi akibat terpapar panas dalam waktu yang sangat lama, dimana penderita tidak dapat mengeluarkan keringat yang cukup untuk menurunkan suhu tubuhnya.

Penyebab Badan yang Sering Panas

  1. Suhu atau kelembaban yang tinggi 

  2. Dehidrasi (kehilangan cairan tubuh) 

  3. Olah raga yang berat atau lama 

  4. Pakaian yang bertumpuk-tumpuk 

  5. Pemakaian alkohol 

  6. Obat-obatan (misalnya diuretik, neuroleptik, fenotiazin dan antikolinergik) 

  7. Penyakit jantung dan pembuluh darah 

  8. Kelainan fungsi kelenjar keringat. 

  9. kelabihan hormon tiroid (hipertiroid) yang membuat anda sering berkeringat, merasa gerah dan tubuh perlahan-lahan jadi kurus.

Resiko dari kelainan panas juga meningkat pada Kelembaban yang tinggi (yang menyebabkan berkurangnya efek pendinginan oleh keringat) dan Pemakaian tenaga yang kuat dalam waktu lama (yang menyebabkan bertambahnya panas yang dihasilkan oleh otot).

Nah, untuk menghindari resiko badan sering panas, sebaiknya jika anda bekerja ditempat dengan suhu tinggi,maka minumlah banyak cairan? air mineral dan basahilah kulit dengan air dingin. Hindari terlalu lama berada ditempat yang panas, hindari aktifitas berat serta berolahragalah secara rutin untuk menjaga keseimbangan tubuh anda.

Jika anda mengalami Badan yang Sering Panas,anda dapat mengobatinya dengan menggantikan cairan (rehidrasi dan garam yang hilang. Cairan dan garam yang hilang melalui keringat bisa digantikan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang agak asin, misalnya jus tomat yang diberi garam atau kaldu daging yang dingin. Minuman yang diperjualbelikan juga ada yang mengandung ekstra garam (misalnya Gatorade). Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Anak Demam

Berlangganan untuk email update gratis: