Cara Mudah Mengatasi Anak Demam


Cara Mudah Mengatasi Anak Demam
Cara Mudah Mengatasi Anak Demam. Ketika anak demam, bunda akan cendrung berkonsentrasi untuk membuat anak merasa nyaman ketika demam dibanding menurunkan suhunya. Beberapa hal yang perlu diketahui orangtua mengenai demam adalah demam bukanlah penyakit utama, kondisi ini merupakan reaksi tubuh alamiah terhadap suatu penyakit. Demam bisa pertanda tubuh sedang melawan infeksi karena suhu yang tinggi tersebut memperlambat pertumbuhan bakteri ataupun virus.

Cara mengetahui gejala demam pada anak yaitu dengan meraba bagian tubuh nya, jika seluruh badan panas maka di mungkin kan anak terkena masuk angin atau gejala yang disebabkan penyakit lain, dan apabila anak memiliki suhu badan panas dan telapak kakinya dingin kemungkinan anak mengalami ketegangan pada otot yang menyebabkan panas pada tubuh.

Banyak orang tua juga mencemaskan kejang demam. Obat penurun panas tidak terbukti dapat mencegah terjadinya kejang demam. Kejang (jika terjadi) biasanya disebabkan oleh kenaikan suhu tubuh yang pesat di tahap awal infeksi, seringkali sebelum para orangtua menyadari anaknya terkena demam.
  

Cara Mengatasi Anak Demam

Minum Air yang Banyak
Minum air yang banyak, ini dilakukan untuk menghilangkan dehidrasi. Karena dehidrasi atau rasa haus disebabkan karena demam. Oleh karena itu, ibu bisa berikan air putih, susu, dan jus buah segar. Apabila bayi muntah bahkan diare, langsung minumkan obat seperti elektrolit, oralit, atau pedialyte.

Kompres Anak dengan Air Hangat
Cara atasi demam anak yang banyak digunakan adalah dengan kompres menggunakan air hangat atau juga berendam di air hangat. Jangan pernah untuk kompres dengan air dingin, karena air dingin akan menyebabkan tubuh menjadi menggigil dan juga suhu tubuh akan semakin tinggi.

Jaga Ruangan Agar Tidak Panas
Jaga selalu ruangan kamar anak agar tidak panas dan usahakan untuk memakai baju yang tipis ketika istirahat. Namun juga keadaan anak menggigil, maka berikan baju yang tebal dan juga selimut.

Biarkan Anak Makan Apa yang Menjadi Keinginannya
Biasa nya karena demam, anak menjadi rewel dan ingin makan apa saja untuk membuat lidah dan mulut nya manis. Namun hindarkan makanan yang mengandung lemak karena ini akan sulit dicerna oleh tubuh.

Minum Obat Penurun Panas yang Aman untuk Anak
Untuk menurunkan demam anak, bisa menggunakan obat penurun demam yang mengandung parasetamol. Namun obat penurun demam ini, bukan untuk menjadi suhu tubuh menjadi normal kembali melainkan menurunkan suhu tubuh sekitar 1-2 derajat dan juga membuat anak nyaman.

Baju Longgar dan Tipis
Cara mengatasi demam selanjutnya yaitu dengan memakaikan baju longgar dan tipis pada anak, hal ini dilakukan untuk memudahkan tubuh mengeluarkan suhu panas, diusahakan jangan menggunakan selimut tebal pada saat tubuh terkena panas

Gunakan Plester Penurun Demam
Selain obat penurun demam anak, para ibu juga bisa menggunakan plester penurun demam untuk membantu menurunkan demam anak. Namun fungsi nya pun sama dengan obat penurun demam yang menurunkan suhu tubuh 1-2 dejarat.

Pijat
Jika anak mengalami panas pada tubu tetapi memiliki suhu pada telapak kaki yang dingin, usahakan anak dibawa ke orang yang bisa memijat urat, tapi harus anda ketahui anda harus membawa anak ke “tukang pijat” yang benar benar bisa memijat urat pada anak.

Itu Cara Mudah Mengatasi Anak Demam mudah yang dapat bunda lakukan untuk mengatasi demam pada anak,bila demam masih berlanjut,maka segera periksakan sikecil ke dokter.karena ditakutkan demam itu indikasi awal penyakit yang berbahaya. Selamat mencoba bunda… Baca : Cara Mengatasi Kebotakan secara Alami

Berlangganan untuk email update gratis: