Cara Mengatasi Bau Keputihan pada Wanita


Cara Mengatasi Bau Keputihan pada Wanita
Cara Mengatasi Bau Keputihan pada Wanita. Keputihan adalah cairan yang keluar dari miss V yang berwarna bening atau putih susu. Keputihan biasanya terjadi pada saat menjelang menstruasi, ovulasi, kehamilan dan karena adanya rangsangan seksual.

Keputihan yang berlebihan dapat menimbulkan rasa gatal  dan bau tak sedap. Itu karena keputihan disebabkan oleh infeksi mikroorganisme. Seperti jamur candida albicans, bakteri neisseria gonorrhea, parasit trichomonas vaghinalis.

Keputihan terbagi menjadi dua,keputihan normal dan tidak normal. Keputihan normal biasanya tidak berwarna dan tidak banyak jumlahnya serta tidak berbau. Akan tetapi jika sebaliknya, itu berarti anda mengalami keputihan tidak normal yang disebabkan oleh jamur dan bakteri serta parasit jahat yang dapat beresiko pada penyakit. 

 

Cara Mengatasi Bau Keputihan

Bersihkan Miss V dengan Tepat
Selain kelembapan yang terpenting adalah menjaga kebersihan Miss V yaitu dengan cara teratur dan ketika membersihkan vagina usahakan dari arah depan ke belakang (dari arah vulva ke anus) hal ini untuk menghindari kuman yang menempel di anus ke vagina.

Memperbanyak Konsumsi Bawang Putih
Selain terkenal dengan bumbu masak. Saat ini bawang putih tidak saja dikenal bahan penyedap akan tetapi mempunyai khasiat kesehatan. Bawang putih memiliki sifat anti bakteri, anti kulat, dan anti virus memungkinkan meraka untuk menghambat perkembangan bakteri, kulat (jamur), dan virus. Penelitian menunjukan bahwa bawang putih memiliiki kekuatan antibakteri. Meningkatkan konsumsi bawang putih akan membantu anda mengatasi keputihan.

Menjaga Kelembapan Miss.V
Menurut Dr. Adhi Bhakti Ginanjar, SpOG Spesialis Kebidanan & Kandungan menjaga kelembapan Mis.V merupakan pencegahan awal untuk menghindari keputihan. Tingkat keasaman yang baik untuk miss.V adalah 3,5. Perubahan warna dan bau yang tidak sedap dapat disebabkan karena tingkat keasaaman yang tinggi dan bila dibiarkan kemungkinan terjadi nyeri pada kewanitaan. Untuk menjaga kelembapan Miss V maka disarankan untuk tidak membersihkan vagina dengan douching (obat semprot air) karena bisa mengganggu keseimbangan ph pada vagina. Penggunaan douche justru bisa meningkatkan risiko iritasi.

Gunakan Daun Sirih
Daun sirih memiliki kandungan minyak terbang (batlephenol) dan kandungan kavinol yang memiliki kegunaan mematikan kuman, kandungan antioksidan dan anti jamur. Maka tak heran nenek moyang terdahulu menggunakan daun sirih untuk mengatasi keputihan. Adapun cara yang tepat yaitu dengan mengambil 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci kemudian siapkan kurang lebih 2 liter air ke dalam panic dan merebusnya, sesudah direbus dinginkan air rebusan tadu dan basuhkan ke seluruh organ bagian kewanitaan

Pola Hidup Sehat
Menghindari diri dari stress dan melakukan olahraga seimbang merupakan solusi tepat untuk anda. Lakukan olahraga satu minggu dua kali secara teratur. Komsumsi pula makanan yang sehat seperti minum susu ataupun yogurt karena kandungan di dalam susu terdapat bakteri baik yang menjaga keseimbangan bakteri candida.

Andrographis Paniculata ( sambiloto )
Cara menggunakan sambiloto sebagai obat keputihan yaitu :
Ambil 3 batang sambiloto, cuci lalu dipotong-potong dan Rebus bersama dengan 4 gelas air. Setelah menjadi 2 gelas, dinginkan air rebusan untuk diminum (tambah sedikit madu jika perlu) Lakukan 3 kali sehari dengan ukuran ¾ gelas setiap kali minum.

Itu beberapa cara mengatasi bau keputihan pada wanita yang dapa tanda coba. Anda juga dapat menggunakan ramuan-ramuan atau produk sabun sirih untuk menjaga kelembaban miss V anda dan menghilangkan bau tak sedap akibat keputihan, selamat mencoba. Dan bagi anda ingin memutihkan wajah, bisa baca:

Berlangganan untuk email update gratis: