Penyebab Kanker Otak


Penyebab Kanker Otak
Penyebab Kanker Otak. Kanker otak merupakan kanker yang terjadi karena adanya sel kanker yang tumbuh pada jaringan otak. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang mematikan karena penyakit ini mampu melumpuhkan saraf otak. Kanker otak dapat menyerang siapa saja, tidak mengenal usia dan gender. Oleh karena itu anda perlu mewaspadai penyakit ini dengan mengetahui penyebab-penyebab terjadinya kanker otak.


Penyebab Kanker Otak

Makanan
Makanan yang mengandung zat karsinogenik yang terdapat pada makanan yang diawetkan dan diasinkan dapat memicu pertumbuhan sel abnormal pada otak. Selain itu, Makanan berlemak dan berprotein tinggi juga dapat memicu munculnya sel abnormal pada otak yang kemudian akan berkembang menjadi kanker. Pola makan yang bergizi dan seimbang dapat mencegah pertumbuhan sel abnormal pada otak.

Faktor Genetik
Salah satu penyebab munculnya penyakit kanker otak adalah faktor genetis, yang mana jika ada salah satu anggotak keluarga Anda memiliki riwayat kesehatan sebagai penderita kanker otak, maka Anda dan anggota keluarga yang lain memiliki resiko terkenan penyakit kanker otak.

Benturan
Adanya trauma pada kepala akibat kecelakaan atau benturan hebat yang terjadi di kepala. Trauma tersebut dapat memicu pertumbuhan sel yang abnormal pada otak dan kemudian akan berkembang menjadi kanker otak.

Radiasi Benda Elektronik
Radiasi tinggi dari dari benda elektronik, salah satunya ponsel. Aliran sinyal ponsel dengan level tertentu dapat menimbulkan pertumbuhan sel abnormal pada otak. Sebaiknya Anda mematikan ponsel Anda ketika Anda tidur atau mengganti mode ponsel ke mode terbang.


Gejala Kanker Otak

  1. mudah pusing serta pusing yang berkepanjangan

  2. Mudah mual 

  3. Tubuh lemas 

  4. Sulit berjalan 

  5. Sulit mendengar dan melihat 

  6. Mati rasa di kaki dan tangan 

  7. Sulit berkonsentrasi

  8. Kantuk yang berkepanjangan

  9. Berhentinya haid secara tidak normal 

  10. Menurunnya daya penciuman 

  11. Menurunnya daya ingat dan respon 

  12. Hindari rokok dan alkohol

Salah satu penyebab utama semua jenis kanker adalah kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok dan konsumsi alkohol. Hal ini dikemukakan oleh University of Maryland Medical Center di Amerika Serikat. Kanker dapat menyebar ke setiap bagian tubuh, misalnya kanker paru-paru juga dapat menyebar ke otak dan mengakibatkan kanker otak. Jadi, hindari kebiasaan merokok dan minum untuk menghentikan pertumbuhan kanker otak dalam tubuh Anda.


Mencegah Kanker Otak

Makan Makanan Anti Kanker
Bawang putih dan makanan yang mengandung asam lemak omega 3 membantu dalam pencegahan kanker otak. Bawang putih mengandung substansi anti kanker yang dapat membantu mengontrol kecenderungan kenker dalam sel-sel tubuh Anda. Sumber asam lemak omega 3 diantaranya adalah kenari dan minyak biji rami. Ini membantu tubuh dalam meningkatkan kekebalan dan kemampuan untuk melawan kanker.

Menghindari Penggunaan Bahan Kimia
Bahan kimia dan paparan radiasi kimia berpotensi besar terhadap kerusakan otak seseorang, sehingga Anda disarankan untuk menghindari prosedur yang berkaitan dengan bahan kimia. Bahan kimia yang akrab dengan kehidupan Anda sehari-hari adalah vinil klorida yang digunakan dalam plastik, formalin yang digunakan sebagai pengawet, dan acrylontrile digunakan dalam industri tekstil. Pancaran radiasi dari reaktor nuklir juga dapat menyebabkan kanker otak. Orang yang pekerjaannya mengharuskan untuk berinteraksi dengan bahan kimia dan nuklir, harus rutin melakukan pengujian terhadap kanker otak ke dokter.

Penggunaan Ponsel
Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa frekuensi penggunaan ponsel yang terlalu lama juga dapat menyebabkan kanker otak. Sehingga, Anda disarankan untuk tidak menerima telepon melalui ponsel selama lebih dari 15 menit tanpa headphone untuk menurunkan risiko kanker otak.

Semoga artikel Penyebab Kanker Otak ini bermanfaat untuk anda agar anda lebih berhati-hati terhadap bahaya kanker otak.anda juga perlu mengatur pola hidup dan olahraga serta istirahat cukup. Baca : Penyebab Sering Sakit Kepala

Berlangganan untuk email update gratis: