Penyebab Terjadi Cacat Pada Bayi


Penyebab Terjadi Cacat Pada Bayi
Penyebab Terjadi Cacat Pada Bayi. Memiliki bayi merupakan impian dan idaman setiap orang khususnya bagi seorang istri, namun terkadang impian indah itu berubah menjadi sesuatu yang menyakitkan saat sang bayi lahir dengan cacat. Kecacatan pada bayi juga tentunya membuat orang tua menjadi cemas.berikut ini beberapa hal yang harus anda hindari agar janin dalam kandungan anda lahir selamat tanpa cacat.


Beberapa Macam Kelainan Pada Bayi

Kehamilan Ektopik
Kehamilan ektopik adalah kehamilan di mana janin berkembang di luar rahim, yaitu di dalam saluran telur, saluran leher rahim, ronga perut mau pun ronga panggul.

Anemia
Selama proses kehamilan, kebutuhan akan zat besi (zat yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah) lebih banyak. Akibat kekurangan zat besi dan asam folat, maka terjadilah anemia.

Inkompatilitas rh
Inkompatilitas adalah suatu ketidak sesuaian rh di dalam darah ibu dan darah bayinya. Akibatnya, tubuh ibu akan membentuk antibodi terhadap sel-sel darah merah bayi pecah.


Mencegah Terjadi Cacat Pada Bayi

Merokok Secara Aktif/Pasif
Pada bungkus rokok yang dijual di pasaran selalu tercantum peringatan tentang bahaya dari rokok. Isi dari salah satu peringatan menunjukkan bahwa merokok dapat membahayakan janin. Ibu hamil yang merokok secara aktif maupun pasif akan mengakibatakan IQ rendah, dan menjadikan anak memiliki perilaku yang buruk.

Terlalu Banyak Kopi
Kopi yang memiliki banyak kandungan kafein, juga memiliki efek yang buruk pada janin. Terlalu banyak kafein akan menyebabkan bayi memiliki IQ yang rendah, sulit dalam menerima pelajaran, serta menjadikan anak bersikap hiperaktif.

Memakan Banyak Junk Food
Junk food yang memiliki banyak pewarna dan kandungan zat aditif, akan memberikan efek yang buruk berupa perkembangan otak janin dan IQ rendah. Selain itu, zat aditif dalam junk food akan menjadikan anak bersikap hiperaktif.

Mabuk-Mabukan
Kandungan alkohol dalam minnuman keras, dapat membahayakan janin yang berada dalam kandungan. Ibu bayi yang masih sering meminum minuman keras saat hamil, maka akan mengakibatkan janin menderita kerusakan pada otak, dan perkembangan yang buruk pada janin.


Penyebab Terjadi Cacat Pada Bayi

  • penyakit ibu yang diturunkan ibunya 

  • ibu mengkonsumsi obat berlebih serta bahan kimia berbahaya 

  • perbedaan darah, misal Resus + dan Resus 

  • kekurangan pasokan nutrisi pada saat hamil 

  • benturan fisik saat hamil

Saat hamil,anda perlu memperhatikan pola hidup dan makanan yang anda konsumsi.anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan kaya protein,kalsium dan zat besi.dan dilarang untuk mengkonsumsi makanan daging karena tidak baik bagi ibu hamil. Disamping tidak sesuai dengan susunan anatomi tubuh kita , makanan hewani juga dikenal akan kandungan dengan kolesterol yang tnggi. Kolesterol adalah salah satu komponen lemak yang dibentuk dalam hati dan dinding usus sebagai sumber energi, pembuat hormon steroid dan merupakan zat yang diperlukan untuk membentuk diding sel tubuh.  Daging merah (sapi,kambing, dan babi) mengandung banyak karsionogen yang mneyebabkan mutasi sel dalam tubuh.Tingginya kadar kolesterol dalam ubuh dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan nabati yang banyak mengendung serat seperti beras, nanas, buah-buahan dan sayur-sayuran. Dengan memakan bahan nabati, kolesterol akan diubah menjadi asam empedu dan garam empedu yang selanjutnya dikeluarkan pada saat buang air. 

Mengkonsumsi daging dalam jangka panjang dapat menimbulkan berbagai penyakit degeneratif sebagai akibat penurunan sistem kekebalan tubuh. Sel- sel tubuh yang telah di mutasi dapat memacu timbulnya sel kanker. Itu beberapa penyebab janin lahir cacat, maka anda perlu menghindari beberapa hal diatas dan memulai gaya hidup sehat demi kesehatan janin dalam kandungan anda, Baca juga: Cara Mudah Mengurangi Rambut Rontok

Berlangganan untuk email update gratis: