Penyebab Rambut Rontok yang Berlebihan


Penyebab Rambut Rontok yang Berlebihan
Penyebab Rambut Rontok yang Berlebihan. Rambut rontok adalah masalah rambut yang sering terjadi pada setiap orang terutama mereka yang memiliki rambut panjang. Pada umumnya, rambut rontok mengalami kerontokan 50-100 helai setiap harinya. Dibandingkan rambut yang berjumlah 100.000 helai di setiap kepala, tetapi tidak menyebabkan penipisan rambut berlebih. Rambut yang mulai menipis biasanya disebabkan oleh faktor usia yang semakin bertambah. Jika rambut yang rontok lebih banyak daripada rambut yang tumbuh, dan jika rambut tumbuh lebih tipis dibanding rambut yang rontok pada bagian tertentu. Infeksi seperti Ringworm dapat menyerang rambut dan kulit kepala yang menyebabkan rambut rontok. Namun akan tumbuh kembali apabila infeksi tersebut telah teratasi. Ringworm sejenis jamur yang mudah diobati dengan menggunakan obat antijamur yang dioleskan atau diminum.


Penyebab Rambut Rontok yang Berlebihan

Trichotillomania
adalah sejenis penyakit yang menyerang psikologis secara mental dimana kerontokan rambut dan tumbuhnya rambut baru menimbulkan rasa gatal yang luar biasa mendorong rasa ingin menggaruk atau mencabut rambut. Mencabut rambut dari kulit kepala akan menyebabkan pitak di kulit kepala. Namun penyebab utama dari Trichotillomania masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Kekurangan Nutrisi dan Asupan Nilai Gizi
apabila seseorang sedang menjalani diet keras dan tidak disiplin sehingga asupan gizi dan komponen lainnya yang diperlukan dalam tubuh menjadi berkurang. Jenis obat-obatan tertentu yang dikonsumsi secara terus menerus yang kemudian menimbulkan efek samping yang menyebabkan rambut rontok pada sebagian orang. Pada sebagian wanita yang menggunakan alat kontrasepsi seperti pil yang diminum juga memugkinkan adanya efek negatif pada kerontokan rambut.

Penyakit
Beberapa penyakit seperti penyakit kanker, diabetes mellitus, lupus, penyakit kronis dan degeneratif lainnya yang masuk dalam stadium lanjut juga dapat menyebabkan rambut rontok yang berlebihan. Perubahan dan ketidak seimbangan hormon tubuh juga memiliki peranan aktif dalam masalah rambut rontok. Perubahan hormon ini dapat terjadi pada seorang wanita yang sedang dalam masa kehamilan, seseorang yang memasuki masa menopause, efek samping pemakaian pil kontrasepsi dan ketidak seimbangan kelenjar thyroid.

Perubahan Hormonal
Terjadinya perubahan hormonal ini dapat berlangsung hingga 3 bulan, setelah itu rambut akan tumbuh kembali namun lebih lambat dibanding dengan sebelum terjadi kerontokan rambut. Kerontokan rambutyang terjadi pada juga dapat disebabkan oleh ketidak seimbangan dari produksi hormon testosteron yang berlebihan, kemudian menyebabkan rambut rontok di puncak kepala.

Zat Kimia
Zat kimia yang terkandung dalam bahan perawatan rambut seperti ketika rambut diwarnai, dimasker, atau rambut dibuat sedemikian rupa akan sangat berpengaruh bagi kesehatan rambut. Mengikat rambut yang terlalu kencang juga dapat memberikan peran serta pada kerontokan rambut. Rambut yang ketarik terlalu kencang saat diikat membuat akar rambut menjadi tegang dan melemah sehingga tidak menutup kemungkinan rambut mudah rapuh dan akar rambut menjadi lemah.

Faktor Genetik
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa masalah rambut rontok ternyata juga disebabkan karena faktor keturunan. Jika ada salah satu dari anggota keluarga kita, misalnya orang tua, mengalami masalah kerontokan rambut, maka kita juga memiliki resiko yang besar untuk mengalami rambut rontok

Gangguan Psikologis
Gangguan psikologis, terutama stres adalah salah satu penyebab rambut rontok pada orang dewasa. Selain mengganggu kesehatan mental, stres juga mengakibatkan terganggunya peredaran darah di sekitar kepala sehingga akar rambut akan menjadi semakin rapuh dan rontok.

Itu adalah beberapa penyebab rmbut rontok berlebih. Anda dapat melakukan oerawatan insentif jika itu terjadi pada anda, baik menggunakan bahan-bahan alami maupun penggunaan shampo yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala anda, Baca : Penyebab Kanker Hati

Berlangganan untuk email update gratis: