Penyebab Mata Kering yang Harus Anda Ketahui


Penyebab Mata Kering yang Harus Anda Ketahui
Penyebab Mata Kering yang Harus Anda Ketahui. Mata merupakan organ tubuh terpenting yang perlu anda jaga dan anda rawat semaksimal mungkin,karena kurangnya perawatan pada mata dapat menimbulkan kebutaan. untuk dapat melihat secara normal, dibutuhkan antara lain permukaan kornea mata yang sehat dan lembap,Untuk ini, diperlukan kualitas air mata yang baik dengan kuantitas cukup, lapisan air mata (tear film) dengan komposisi normal, kelopak mata yang dapat menutup secara normal, serta kemampuan berkedip secara teratur. Jika kadar air mata berkurang atau menguap secara berlebihan, akan terjadi  gangguan pada tear film dan kekeringan pada permukaan kornea mata. Kondisi ini dikenal sebagai mata kering atau dry eyes (keratoconjunctivitis sicca).  Pada kondisi ini, permukaan kornea mata yang menerima sinar dari luar menjadi tidak normal dan tidak licin.


Penyebab Mata Kering

Kualitas Air Mata yang Kurang Baik
Lapisan air mata terdiri dari 3 lapis yaitu, lapisan minyak lipid, air/akuos dan musin. Masalah di salah satu lapisan tersebut akan menyebabkan gejala mata kering.

Penguapan Air Mata Berlebihan
Mata kering yang disebabkan oleh penguapan air mata secara berlebihan bisa terjadi karena tiga hal. Pertama, faktor lingkungan, misalnya akibat pemanasan, pemakaian pengering rambut, polusi udara (misalnya asap rokok), dan perjalanan lewat udara (karena terjadi penurunan kelembapan di dalam pesawat). Kedua, pembengkakan kelopak mata, misalnya karena penyakit blepharitis (diawali dengan timbulnya bercak putih pada kulit di dekat bulu mata dan menyebabkan mata merah, gatal, dan iritasi), atau terjadinya disfungsi kelenjar meibom (MGD atau meibomian gland dysfunction), yaitu sejenis kelenjar lemak di sekeliling kelopak mata. Ketiga, lid surfacing anomalies, yakni air mata tidak menyebar rata pada permukaan mata. Biasanya disebabkan oleh struktur dan fungsi bagian-bagian mata yang tidak sempurna. Misalnya bola mata yang menonjol keluar (proptosis).

Produksi  Air Mata Berkurang
Ada tiga faktor yang dapat membuat mata kering karena berkurangnya produksi air mata.  Penyakit autoimun (gangguan pada sistem kekebalan tubuh), misalnya radang sendi (rheumatoid arthritis) dan penyakit lupus, menyebabkan kekeringan tidak hanya pada mata, tapi juga pada rongga mulut. Begitu juga kekurangan vitamin A dan trachoma (penyakit mata akibat bakteri chlamydia trachomatis). Terakhir, akibat proses penuaan, yang membuat produksi air mata berkurang

Itu adalah tiga  factor utama penyebab mata kering.selain itu Mata kering juga dapat disebabkan oleh berbagai macam factor, termasuk perubahan hormonal, usia, kebiasaan melihat atau pekerjaan, operasi okular, penyakit sistemik dan okular tertentu dan obat-obatan, juga kondisi kelopak mata yang disebut penyakit kelenjar Meibomian. Dokter anda akan memberitahu apakah anda mengidap penyakit sistemik dan okular tertentu atau konsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan mata kering, dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Pada banyak kasus, tidak ada alasan yang jelas mengapa terjadi mata kering.


Gejala  Mata Kering yang Harus Anda Ketahui

  1. Mata merah

  2. Mata terkena iritasi

  3. Mata terasa nyeri atau panas

  4. Mata berair

  5. Penderita sulit mengenakan lensa kontak

Anda dapat mencegah penyakit mata kering ini dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin,menghindari lingkungan yang kering. Matahari kuat, angin, ketinggian tertentu, dll. Masalah mata kering jarang menyebabkan komplikasi yang serius, tetapi apabila mata merah, terasa kering dan tidak nyaman yang mengganggu maka sebaiknya pergi berkonsultasi ke dokter mata di Rumah Sakit Mata agar dicarikan solusi yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat, dan bagi anda yang ingin mempunyai kulit putih bisa baca : Tips Cara Membuat Kulit Putih

Berlangganan untuk email update gratis: