Cara Mengatasi Rambut Berketombe dan Rontok


Cara Mengatasi Rambut Berketombe dan Rontok
Cara Mengatasi Rambut Berketombe dan Rontok. Rambut berketombe tentu sangat mengganggu bukan? karena rambut berketombe menimbulkan rasa gatal dan menjadi pemicu terjadinya masalah rambut yang lain. Ketombe seperti diketahui banyak orang merupakan serpihan atau seperti sisik putih yang melekat di rambut dan menempel di bahu bahkan di baju.

Penyebab munculnya ketombe sering dikaitkan dengan terlalu sering menggunakan shampo atau kulit kepala yang kering bahkan kebersihan yang kurang. namun secara medis penyebab ketombe adalah jamur yang bernama Pityrosporum Ovale (P. Ovale) dan jamur ini dalam keadaan normal terdapat pada kulit kepala semua orang. Dalam jumlah yang sedikit, jamur ini tidak menyebabkan kerugian yang berarti. Namun, apabila ada faktor-faktor pencetus yang dapat meningkatkan produksi minyak di rambut kepala dan meningkatkan perkembangbiakan flora normal di kepala (P. ovale) maka  akan menyebabkan gatal pada kulit kepala dan mempercepat kerontokan sel kulit yang lama sehingga muncullah yang namanya ketombe. Sedangkan Penyebab rambut rontok antara lain adalah dikarenakan kurangnya nutrisi asam folat, faktor genetik, usia, perubahan hormonal, stres (ini juga sangat berpengaruh), sirkulasi darah dikepala yang tidak lancar, terserang ketombe dengan tingkat yang mengkhawatirkan dan juga kekurangan zat besi.

Perlu diketahui pendapat dari ahli gizi ini, bahwa untuk menjaga rambut agar kuat dan sehat setidaknya dibutuhkan kurang lebih 14,8 mg zat besi setiap harinya, dan ini bisa diperolah dari bahan-bahan sayuran berupa bayam dan kangkung.


Mengatasi Rambut Berketombe dan Rontok

Minyak Kelapa
Cara ampuh untuk menghilangkan ketombe adalah dengan minyak kelapa. Karena kandungan yang ada di dalamnya sarat dengan vitamin E dan asam lemak. Pijat kepala dengan minyak tersebut sebelum tidur. Lalu balut dengan handuk panas dan biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya.

Kembang Sepatu
Rambut rontok adalah masalah umum yang dihadapi oleh semua perempuan. Sebab, ini biasanya  diakibatkan oleh stres dan perubahan gaya hidup. Untuk mencegah hal itu, Anda bisa memanfaatkan kembang sepatu sebagai obat alami. Ambil beberapa kembang sepatu dan rebus dengan menambahkan sedikit minyak kelapa. Setelah selesai, saring dan gunakan sebagai suplemen untuk mengontrol rambut rontok.

Kuning Telur
Kuning telur merupakan sumber protein yang dibutuhkan rambut Anda dari waktu ke waktu. Untuk mencegah rambut kusam atau pecah-pecah, Anda bisa menggunakan kuning telur yang dioles ke rambut. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun atau madu untuk hasil lebih maksimal. Perawatan ini dipercaya mampu membuat folikel rambut Anda, lebih bersinar.

Minyak Zaitun
Dengan kandungan omega 3 dan asam lemak di dalamnya, minyak zaitun dipercaya bisa membantu Anda untuk menghaluskan rambut. Apalagi jika rambut Anda berjenis keriting yang kadang susah merapikannya

Shampo dengan Kandungan Zink dan Sulfur
Kedua kandungan zat yang terdapat dalam shampo anti ketombe ini memang sudah terkenal di pasaran. Kandungan zink pada shampo memiliki peranan yang sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut. Jadi, zink ini berperan untuk mengatasi rambut rontok parah. Sedangkan kombinasi kandungan zink dan sulfur bisa mengatasi ketombe dan rambut rontok.

Anda juga perlu melakukan perawat maksimal untuk mencegah rambut rontok dan ketombe,merawat kesehatan kulit kepala.diet teratur, istirahat dan rekreasi yang cukup, serta mengurangi rokok dan minuman keras dapat membantu mencegah ketombe.

Dalam perawatan rambut berketombe dan rontok, perlu diperhatikan untuk melakukan keramas yang baik. Yaitu dengan memijat kulit kepala (tidak menggaruknya) menggunakan shampo antidandruff (dikombinasikan dengan sampo yang sudah biasa dipakai). Anda juga perlu menghindari hal-hal yang membuat stress. Semoga tips-tips ini bermanfaat dan selamat mencoba, dan baca juga cara mengatasi kulit yang berkeriput Cara Mengatasi Kulit yang Berkeriput

Berlangganan untuk email update gratis: