Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut


Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut
Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut. Kandungan lauric acid atau asam laurat adalah komponen utama yang dapat menyuburkan rambut, bahkan membuat rambut menjadi lebat. Minyak kelapa juga mengandung zat anti-jamur dan anti-bakteri yang dapat melindungi kulit kepala dari ketombe. Serta beberapa zat lain seperti vitamin E, vitamin K dam Zat besi yang tentunya dapat memberikan manfaat bagi kesuburan dan kesehatan rambut anda.

Manfaat Minyak Kelapa

Pertumbuhan Rambut
Minyak kelapa ideal sebagai kondisioner karena kandungan proteinnya yang tinggi. Kemampuannya untuk melembabkan bisa menurunkan risiko kerusakan rambut seperti rambut yang pecah-pecah atau bercabang. Minyak kelapa juga mengandung trigliserida, molekul lemak yang sifatnya mirip minyak alami yang dikeluarkan oleh kulit untuk menembus batang rambut dan melindunginya dari kerusakan. Manfaatnya untuk pertumbuhan rambut bervariasi, dari sekadar meredakan kerontokan dan kerusakan, hingga benar-benar memicu rambut untuk tumbuh kembali pada bagian kulit kepala di mana folikel rambut menghentikan fungsi alaminya.

Minyak kelapa paling baik bila digunakan dalam bentuk alaminya. Minyak pada kelapa akan mencair ketika dipanaskan. Untuk memanaskannya, jangan memasukkannya ke dalam microwave. Lebih baik, tempatkan kelapa ke dalam kotak, lalu rendam kotak tersebut dalam air panas untuk mencairkan minyaknya.

Kemudian, aplikasikan minyak kelapa tersebut di kulit kepala menggunakan jari-jari Anda setelah membasahi rambut. Pijat kulit kepala selama sekitar tiga menit agar minyak terserap dan memicu pertumbuhan rambut. Anda juga bisa mengoleskan minyak kelapa ke seluruh rambut untuk mengambil manfaat kondisionernya.

Tentu saja, anda tidak bisa berharap bisa melihat hasilnya dalam waktu singkat. Butuh waktu lebih dari dua minggu untuk melihat perbaikan pada kesehatan dan penampilan rambut. Anda juga akan memerlukan waktu lebih lama untuk melihat apakah pertumbuhan rambut Anda sudah terjadi.

Penghitam Rambut
Minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai penghitam rambut karena adanya kandungan sitokinin.
Caranya, parut kelapa yang sudah tua lalu peras santannya. Masaklah hingga santan menggumpal - gumpal kecil dan minyak terpisah. Saring gumpalan santan hingga anda dapatkan minyaknya saja. Gunakan minyak untuk memijat kepala secara rutin. Kandungan sitokinin dari minyak kelapa ini berfungsi sebagai hormon pertumbuhan rambut, selain itu rambut juga bisa hitam legam

Memberi Nutrisi dan Melembabkan Rambut
Kandungan vitamin E dalam minyak kelapa dapat menutrisi dan melembabkan rambut anda.caranya sama seperti cara menghitamkan rambut.

Mencegah Rambut Kusut
Sedikit minyak kelapa dapat sangat berguna untuk mencegah rambut kusut. Saat Anda mengaplikasikan minyak kepala ke rambut, maka minyak tersebut akan melubrikasi permukaan rambut dan menciptakan permukaan rambut yang lembut dan tidak kusut indah

Menjinakkan Rambut Keriting
Rambut kering cenderung berubah keriting setiap saat. Hal ini disebabkan karena kurangnya kelembaban pada rambut kering. Menggunakan minyak kelapa dapat menggantikan minyak yang hilang dan mengurangi munculnya rambut keriting

Menghindari Rambut Pecah-pecah
Trimming memang dapat mengilangkan rambut pecah-pecah, tetapi trimming bukanlah pemecahan masalah untuk rambut pecah-pecah. Ada satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah munculnya rambut pecah-pecah yaitu dengan mengaplikasikan sedikit minyak kelapa di ujung rambut Anda. minyak kelapa berperan sebagai penahan dan pencegah rambut Anda pecah

Sebagai Kondisioner
Minyak kelapa dapat digunakan sebagai kondisioner rambut. Sebelum mencuci rambut, oleskan minyak kelapa pada kulit kepala. Kemudian, pijat kulit kepala selama 3-5 menit. Proses ini akan membantu melancarkan aliran darah di kulit kepala dan membuat rambut jadi lebih lembut. Setelah dipijat, tutup kepala dengan handuk hangat dan diamkan sejenak sebelum dibilas.

Mencegah Ketombe
Minyak kelapa kaya akan asam lemak. Asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa dapat mengobati masalah ketombe. Oleh karena itu, oleskan minyak kelapa pada kulit kepala secara teratur untuk mencegah ketombe.

Ternyata manfaat minyak kelapa bagi rambut sangat beragam,dengan mengolah minyak kelapa,anda tidak hanya dapat menjadikannya sebagai santan,tapi juga nutrisi yang dapat merawat kelembaban dan kilau rambut anda.

Berlangganan untuk email update gratis: