Penyebab Kanker Mulut


Penyebab Kanker Mulut
Penyebab Kanker Mulut. Menurut wikepedia bahasa Indonesia,kanker mulut adalah sejenis kanker yang tumbuh di sekitar mulut. Kanker mulut dapat berkembang dalam setiap bagian dari rongga mulut atau orofaring. Kebanyakan kanker mulut dimulai di lidah dan di dasar mulut. Hampir semua kanker mulut dimulai dalam sel datar (sel skuamosa) yang menutupi permukaan mulut, lidah, dan bibir. Kanker ini disebut karsinoma sel skuamosa. Ketika kanker menyebar oral (metastasizes), biasanya perjalanan melalui sistem limfatik. Kanker sel-sel yang memasuki sistem limfatik yang terbawa oleh getah bening, cairan, jelas berair. Sel-sel kanker sering muncul pertama pada kelenjar getah bening terdekat di leher. Sel kanker juga dapat menyebar ke bagian lain dari leher, paru-paru, dan bagian lain dari tubuh. Ketika ini terjadi, tumor baru mempunyai jenis yang sama sel-sel abnormal sebagai tumor primer. Sebagai contoh, jika kanker mulut menyebar ke paru-paru, sel-sel kanker di paru-paru sebenarnya sel-sel kanker mulut. Penyakit ini metastasis kanker mulut, bukan kanker paru-paru. Hal ini diperlakukan sebagai kanker mulut, bukan kanker paru-paru. Dokter kadang-kadang menyebut tumor baru "jauh" atau penyakit metastasis.

Profesor bidang patologi mulut dari Universitas Tufts Amerika Serikat, Michael Cajen, membandingkan prevalensi kanker mulut dengan kanker serviks. Menurutnya dari 11.000 kasus kanker serviks, sekitar 6.000 diantaranya dapat terdeteksi melalui pemeriksaan pap smear.

Terdapat 1 orang meninggal dunia akibat kanker mulut setiap jamnya, dimana angka ini merupakan minimal 2 kali lipatnya dari kasus kanker serviks, karena pemeriksaan pap smear dapat mengurangi angka penderita kanker serviks hingga 90 persen. 


Menghindari Kanker Mulut

Rokok dan Alcohol
Memiliki riwayat merokok dan minum alkohol dalam jangka waktu lama dan pasien kanker rongga mulut yang tidak merokok serta tidak minum alkohol sangat sedikit terlihat.

Kondisi Kebersihan Rongga Mulut yang Kurang
Kebiasaan menjaga kebersihan rongga mulut yang kurang, menciptakan kondisi bagi bakteri atau jamur tumbuh membiak dalam rongga mulut, sehingga mempermudah pembentukan nitrosamin.

Rangsangan Benda Asing Dalam Jangka Waktu Panjang
akar gigi atau ujung gigi yang runcing, gigi palsu yang tidak cocok merangsang selaput lendir rongga mulut dalam waktu lama, menyebabkan terjadinya luka kronis dan terjadi canceration.

Gizi yang Kurang Baik
seperti kurangnya Vitamin A1 dan Vitamin B2 serta elemen Zinc, Arsenik, semuanya itu dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap karsinogen, sehingga menyebabkan terjadinya kanker rongga mulut.

Mukosa Leukoplakia dan Eritema
Mukosa oral leukoplakia dan proliferasi eritema sering merupakan gejala dari prakanker lesi.

Sinar Ultraviolet (UV)
Pekerja outdoor yang tepapar langsung di bawah sinar matahari dalam jangka waktu panjang, tingkat insiden kanker rongga mulut lebih tinggi.

Radiasi Pengion
Radiasi pengion dapat menyebabkan perubahan DNA pada bahan genetic, mengaktifkan gen tumor sehingga menyebabkan canceration.

Faktor Lainnya
Hepatitis kronis, Sirosis liver, infeksi virus dan penyakit lainnya yang menyebabkan tingkat kekebalan tubuh menurun juga terkait dengan timbulnya kanker rongga mulut.

Untuk menghindari kanker mulut yang mematikan, maka anda perlu menghindari rokok, alcohol dan melakukan pemeriksaan terhadap bagian-bagian mulut. Karena apabila kanker ini sudah berada di stadium akhir maka sulit untuk disembuhkan. Pengobatan-pengobatan yang dilakukanpun hanya menambah waktu untuk bertahan saja. Semoga artikel ini menambah pengetahuan anda agar anda lebih berhati-hati dengan kanker ganas ini. Baca : Penyebab Gangguan Jiwa

Berlangganan untuk email update gratis: