Manfaat Senam Aerobik Bagi Kesehatan


Manfaat Senam Aerobik  Bagi Kesehatan
Manfaat Senam Aerobik  Bagi Kesehatan. Senam Aerobik makin diminati oleh masyarakat luas baik masyarakat kota atau pun masyarakat pinggiran tak banyak dari masyarakat pinggiran banyak mengikuti aerobik massal untuk menjaga kesehatannya. Aerobik adalah serangkaian gerak yang dipilih secara sengaja dengan cara mengikuti irama musik yang dipilih sehingga muncul keselarasan antara gerakan dan musik tersebut. Senam aerobik memilki berbagai manfaat bagi kesehatan tidak hanya untuk kebugaran tubuh tetapi juga bisa bermanfaat untuk fungsi kognitif dan emosi yang tentunya akan membuat anda lebih produktif. Senam aerobic dapat dibagai menjadi sebagai berikut :
  • Low impact aerobic yaitu senam aerobic gerakan ringan.
  • High Impact aerobic yaitu senam aerobic gerakan kasar.
  • Aerobic dance yaitu senam aerobic yang dilakukan dengan kombinasi bentuk tarian yang indah.

Aerobik merupakan latihan yang melibatakan grup otot besar untuk tetap aktif bergerak selama latihan seiring dengan detak jatung yang meningkat maka suplai oksigen akan meningkat pula sehingga bisa memperkuat otot daya tahan serta stamina tubuh. Olahraga aerobik bisa diikuti oleh siapa saja dan dipilih sebagai rutinitas kebugaran.kebanyakan orang menyukai aerobik karena termasuk olahraga kelompok yang membuat seseorang lebih termotivasi atau semangat untuk melakukanya.

Pada dasarnya gerakan aerobic agar jantung terpompa lebih cepat dari pada biasanya dan membuat anda bernafas lebih cepat, mempekerjakan jantung dengan cara ini akan membuatnya lebih kuat dan lebih efisien dalam membantu sirkulasi udara.

Manfaat Senam Aerobik

Menigkatkan Fungsi Jantung
Seperti penjelasan diatas senam aerobik yang dilakukan secara rutin akan lebih menigkatkan fungsi jantung sehingga jantung anda juga lebih sehat.

Melawan Depresi
Dengan sering melakukan senam aerobik akan terhindar dari deperesi karena olahraga mampu menigkatkan mood seseorang dan bisa menstimulasi perasaaan senang atau euphoria dalam tubuh.

Menigkatkan Kinerja Paru-Paru
Seperti olahrga pada umumnya dengan rutin melakukan senam arobik akan menigkatkan kinerja paru-paru sehingga tubuh anda akan lebih sehat.

Mengurangi Penurunan Kognitif
Senam aerobik bisa mengurangi kognitif seperti penurunan dalam proses mental seperti memori kerja dan perencanaan.

Mencegah Berbagai Penyakit
Senam aerobik juga bisa bermanfaat mencegah berbagaipenyakit seperti kolestrol,diabetes,tekanan darah dan lain-lain.

Membentuk Tubuh dan Menguranagi Berat Badan
Senam aerobik juga akan membantu membentuk tubuh lebih sempurna dan juga bisa mengurangi berat badan anda.

Mengutkan Otot dan Tulang
Meningkatnya kekuatan otot akan meningktakan kekuatan tulang anda.

Meningkatkan Energi
Dengan melakukan aerobik selama 20 menit maka energi akan meningkat sebesar 20% hal tersebut dapat terjadi karena ketika melakukan aerobik suplai oksigen tubuh dan energi ikut meningkat.

Mengendalikan Kadar Gula Darah
Jumlah kolestrol baik yang meningkat akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrol kadar gula darah.

Melakukan senam aerobik juga harus memperhitungkan beberapa faktor yaitu intensitas latihan, lama latihan, frekuensi latihan, gejala fisik awal latihan, makan dan minuman yang dikonsusmi agar efeknya sangat mudah dirasakan oleh tubuh anda. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar banyak sekali cara yang bisa di tempuh salah satunya dengan berolahraga secara rutin serta harus tetap memperhatikan asupan pola makan yang tepat  yang sesuai dengan tubuh. Tak banyak dari masyarakat kota yang menghabiskan uang untuk pemeliharaan kesehatan karena memang sehat itu mahal harganya. Oleh karena itu, senam aerobik bisa salah satu alternatif termudah anda dalam menjaga kesehatan serta menjaga kebugaran tubuh dan stamina anda agar terhindar  dari berbagai jenis penyakit, Baca : Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Berlangganan untuk email update gratis: