Penyebab Penyakit Malaria


Penyebab Penyakit Malaria
Penyebab Penyakit Malaria. Penyakit malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit bernama plasmodium, penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi parasit tersebut.
Didalam tubuh manusia parasit plasmodium akan berkembang biak di organ hati kemudian menginfeksi sel darah marah yang akhirnya menyebabkan penderita mengalami gejala-gejala penyakit malaria. Penyakit ini paling banyak terjadi didaerah tropis dan subtropis dimana parasit plasmodium dapat berkembang biak dengan baik,begitu pula dengan vektor nyamuk anopheles.

Penyakit malaria merupakan penyakit menular yang dapat ditularkan oleh nyamuk anopheles, malaria merupakan penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Nyamuk yang menyebabkan parasit ini yaitu nyamuk betina yang sebelumnya sudah terinfeksi oleh plasmodium. selain melalui nyamuk penyakit malaria juga dapat menyebar melalui beberapa hal seperti transfusi darah, transpalasi organ ,jarum suntik yang sudah terkontaminasi bahkan ibu hamil juga dapat menularkan penyakit malaria ini terhadap bayinya.

Ada 4 jenis plasmodium yang perlu anda ketahui diantaranya plasmodium vivax,plasmodium ovale, plasmodium falaiparum dan mariae plasmodium , Untuk plasmodium falaiparum merupakan jenis malaria berat yang dapat menyebabkan kematian sedangkan untuk 3 jenis plasmodium lainnya seperti penjelasan diatas merupakan jenis penyakit malaria ringan.Banyak yan mengira penyakit malaria sama dengan demam berdarah karena mempunyai gejala yang mirip dan samam-sama ditularkan oleh nyamuk .akan tetapi, perlu anda ketahui kedua jenis penyakit ini berbeda malaria disebabkan oleh nyamuk anopheles yang membawa parasit plasmodium sementara demam berdarah disebakan oleh nyamuk aides aegypti yang membawa virus dengue.


Penyebab Penyakit Malaria

  • Plasmodium falaiparum merupakan jenis yang banyak terdapat di afrika dan menyebabkan gejala yang parah

  • Plasmadium vivax merupakan jenis yang banyak terdapat didaerah tropis asia

  • Plasmodium malariae banyak terdapat di afrika dan berdiam di aliran darah tanpa menimbulkan gejala apapun untuk beberapa tahun

  • Palsmodium ovale banyak terdapat di bagaian afrika bagian barat

Penyebab penyakit malaria disebabkan oleh parasit yang merupakan golongan palsmodium, media utama yang menjadi penyebab penyakit ini yaitu nyamuk anopheles betina. nyamuk ini terinfeksi oleh parasit plasmodium dari gigitan yang dilakukan terhadap seseorang yang sudah terinfeksi parasit tersebut. Nyamuk ini menggigit orang lain sekaligus menyuntikkan parasit plasmodium ke dalam darah orang tersebut sehingga orang tersebut akan terinfeksi penaykait malaria serta kurang menjaga kebersihan rumah maupun lingkungan sekitar.


Gejala Penyakit Malaria

Gejala Malaria Ringan (Malaria tanpa komplikasi)
Meskipun disebut malaria ringan, tapi sebenarnya yang dirasakan penderitanya cukup menyiksa gejala utama yaitu demam dan menggigil disertai sakit kepala, mual, muntah, diare, nyeri otot atau pegal-pegal. Gejala yang timbul bervariasi tergantung kondisi daya tahan tubuh, gejala malaria ini terdiri dari 3 stadium yang biasa disebut trias malaria yaitu:

Stadium Dingin
Berlangsung kurang lebih 15 menit sampai 1 jam dimulai dengan menggigil dan perasaan dingin, gigi gemeretak, denyut nadi cepat tapi lemah bibir dan jari-jari pucat kulit kering dan terkadang disertai muntah.

Stadium Demam
Berlangsung dari 2 hingga 4 jam penderita merasakan kepanasan muka merah, kulit kering, sakit kepala dan sering kali muntah, jika terjadi pada anak-anak suhu tubuh panas dan sangat tinggi hingga menimbulkan kejang-kejang.

Stadium Berkeringat
Berlangsung lebih dari 2 sampai 4 jam penderita berkeringat  banyak suhu tubuh kembali turun kadang-kadang sampai dibawah normal.

Gejala Malaria Berat (malaria dengan komplikasi)
Penderita ini dikatakan malaria berat bila didalam darahnya ditemukan parasit malaria melalui pemeriksaan laboratorium sediaan darah tepi atau rapid diagnostic test (rtd) yang disertai gejala berikuti ini: Gangguan kesadaran dalam berbagai derajat seperti mengigau, bicara salah, tidur terus, tingkah laku berubah. Keadan umum yang sangat lemah (tidak bisa duduk /berdiri), kejang-kejang, panas sangat tinggi, mata atau tubuh kuning serta sesak nafas.

Orang-orang yang dapat terinfeksi penyakit malaria yaitu orang yang mempunyai imunitas rendah terhadap malaria yaitu anak-anak (bayi), pandatang yang datang dari wilayah tanpa riwayat malaria serta wanita hamil dan janinnya.


Pencegahan Penyakit Malaria

  • Menggunakan kelambu saat tidur

  • Menghindari gigitan nyamuk dengan memakai baju tertutup baju lengan panjang dan celana panjang

  • Menggunakan krim anti nyamuk

  • Menyemprotkan obat nyamuk di kamar tidur dan isi rumah

  • Jagalah kebersihan rumah dan lingkungan sekitar anda

  • Usahakan melakukan penyemprotan rumah dengan DDT yang diusahakan oleh pemerintah

Itulah beberapa penjelasan dari penyebab penyakit malaria ,hal mencegah sangat baik dilakukan daripada mengobatinya untuk itu hal yang perlu diperhatikan yaitu kebersihan rumah serta lingkungan sekitar anda. Ajaklah teman,saudara ataupun tetangga anda untuk selalu menjaga kebersihan rumah serta lingkungannya agar orang-orang yang ada disekitar anda bahkan orang-orang yang anda sayangi terbebas dari jenis penyakit malaria yang berbahaya ini, Baca : Penyebab Kanker Otak

Berlangganan untuk email update gratis: